A. Persiapan
Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)
Setelah memahami makna komunikasi, sampailah kita pada
Komunikasi Daring. Istilah Komunikasi Daring mengacu pada membaca, menulis, dan
berkomunikasi melalui / menggunakan jaringan komputer. (Warschauer, M. 2001 pp.
207-212)
Dengan kata lain, Komunikasi Daring adalah cara
berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau
melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim
disebut ko munikasi di dunia maya atau cyberspace.
Perkembangan pertama komunikasi daring dimulai pada
tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang
memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer
(Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang
diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya berkembang menjadi Internet. Internet
berasal dari interconnected networks yang
disingkat menjadi Internetwork, atau Internet, yang
digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian
millennium ke-3.
Komunikasi daring menjadi mungkin dalam dunia
pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an, setelah pengembangan dan penyebaran
komputer pribadi atau PC(personal computer). Latar belakang komunikasi
daring dalam pembelajaran dan penelitian dapat dibagi menjadi dua periode yang
berbeda, ditandai oleh pengenalan komputer sebagai media pendidikan pada tahun
1980-an dan munculnya world wide web pada pertengahan 1990-an.
Pada periode pertama, sejak pertengahan 1980-an para
pendidik menemukan potensi media pendidikan untuk pengajaran bahasa (Cummins,
1986). Integrasi komunikasi yang dimediasi komputer di dalam kelas itu sendiri
dibagi menjadi dua: yang pertama, beberapa pendidik mulai menggunakan e-mail untuk
mengatur pertukaran informasi jarak jauh, dan yang kedua, pendidik mulai
menggunakan program perangkat lunak sinkron (Daedalus Interchange.
Daedalus Inc, 1989) untuk memungkinkan percakapan komputer antarkelas.
Komunikasi daring atau komunikasi virtual
adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan informasi atau
pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Komunikasi virtual
pada abad ini dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja. Salah satu bentuk
komunikasi virtual adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media
komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan
tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR
chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter.
Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan
komunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia tergantung pada
teknologi. Ketergantungan tersebut dapat dilihat pada maraknya penjualan ponsel
dengan harga murah dan tawaran kelengkapan fasilitas untuk mengakses Internet.
Kegemaran berkomunikasi yang bermedia Internet ini menimbulkan suatu komunitas
baru yang disebut komunitas virtual.
1.Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring
Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika
dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.
Ø Dapat dilakukan kapan saja di mana saja:
dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana
saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan
memiliki sarana yang mencukupi.
Ø Efisiensi biaya: berbeda dengan
komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang
berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat
menghemat biaya transportasi.
Ø Efisiensi waktu: komunikasi dapat
dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan.
Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik
walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.
Ø Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya:
sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya
untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan
yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.
Ø Meningkatkan intensitas berkomunikasi:
komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi
aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
Ø Meningkatkan partisipasi: dengan
terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat
berpartisipasi dalam diskusi.
Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki
beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.
Ø Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi
bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk
dipahami melalui komunikasi daring.
Ø Memerlukan perangkat khusus: dalam
pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software.
Ø Terlalu banyak informasi yang tidak
penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi
terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
Ø Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi
daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda
hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.
Penggunaan jenis sarana komunikasi akan mempengaruhi
keserempakan waktu komunikasi. Terdapat 2 jenis komunikasi daring.
a. Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring
sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang
terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi
sinkron antara lain sebagai berikut:
Ø Text chat
Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program
dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama
pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan
Internet). Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks kepada
orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas pesan dengan
teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.
Ø Video chat
Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi
audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi
yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui
perangkat komputer maupun tablet atau smartphone (juga disebut
telepon video call). Video chatting dapat berupa
interaksipoint-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype,
atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-ke-banyak),
seperti dalam Google+ Hangouts.
Video chatting sering disalahartikan
dengan video conference. Video chatting merujuk
pada komunikasi video di antara dua orang individu (poin to point),
sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara
3 pihak atau lebih (multipoint).
b. Komunikasi daring asinkron (tak serempak)
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah
komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh
komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi
visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide
Web.
1.Etika Dalam berkomunikasi
Berikut di bawah ini adalah beberapa etika dan etiket
dalam berkomunikasi antar manusia dalam kehidupan sehari-hari :
1. Jujur tidak berbohong
2. Bersikap Dewasa tidak
kekanak-kanakan
3. Lapang dada dalam
berkomunikasi
4. Menggunakan panggilan
/ sebutan orang yang baik
5. Menggunakan pesan
bahasa yang efektif dan efisien
6. Tidak mudah emosi /
emosional
7. Berinisiatif sebagai
pembuka dialog
8. Berbahasa yang baik,
ramah dan sopan
9. Menggunakan pakaian
yang pantas sesuai keadaan
10. Bertingkahlaku yang baik
2. Pelaksanaan
komunikasi daring
Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita
antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami.Jika anda
berbicara sedangkan mita icara anda tidak mengerti, atau sebaliknya, maka
komunikasi belum terjadi.
Data adalah keterangan atau bahan nyata yang dapat
dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih
berguna dan lebih berarti bagi penerima, yang menggambarkan suatu
kejadian-kejadian yang bersifat fakta yang digunakan untuk mengambil kesimpulan.
Fungsi komunikasi adalah :
Sebagai informasi
Komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang
diperlukan individu dan atau kelompok untuk mengambil keputusan dengan
meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif
Sebagai kendali
Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku
anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis
panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
Sebagai motivasi
Komunikasi membantu perkembangan motivasi dengan
menjelaskan para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja
baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah
standar
Pengungkap emosional
Bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi
social, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota
untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas. Oleh karena itu, komunikasi
menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi
kebutuhan sosial
Komunikasi data seperti halnya orang yang saling
berkomunikasi, yang melibatkan komponen : pesan, pengirim, media dan penerima.
Dari gambar di atas dapat diambil kesimpulan bahwa
- Pengirim/sender adalah seseorang yang memiliki gagasan atau pesan yang biasanya memulai percakapan.
- Pesan/message adalah informasi atau gagasan yang dibagikan.
- Media/medium adalah metode atau jalur yang digunakan untuk mengirim pesan.
- Penerima/receiver adalah seseorang yang menerima pesan.
Perbedaan antara komunikasi antara orang dan komunikasi
data adalah adanya komponen tambahan, yang dinamakan dengan protocol.
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang
mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan
data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan
pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari
keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi
perangkat keras.
PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca,
menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan computer. Komunikasi
dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan
pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi
di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.
Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960,
di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan
untuk menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut.
Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat
komunikasi pada computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut
ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat
itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk
saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected
network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan
pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media
pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web.
JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
Komunikasi dalam jaringan sinkron
Komunikasi dalam jaringan secara real time
menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan
serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo
messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime, google+
hangout, dll).
Komunikasi dalam jaringan asinkron
Komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan
komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak
serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video
streaming, dll).
Komunikasi online lebih mengacu pada membaca, menulis,
berbagi video kamera dan konunikasi melalui jaringan komputer secara sinkron.
TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
- Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
- Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
- Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
- Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Hardware/perangkat keras
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau diraba
oelh maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan perangkat pendukung
koneksi internet
Software
Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu
pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan sebagai perantara antara
perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).
Brainware
Brainware adalah pengguna software ataupun hardware
untuk berkomunikasi dalam jaringan.
0 komentar:
Posting Komentar